Template Baru Bawaan Blogspot 2017


Selain blog dengan selfhosting yang berakhiran dotcom, saya masih punya beberapa blog tak berbayar, di wordpressdotcom dan blogspotdotcom.
Awalnya justru saya membuat blogspotdotcom, sekarang berganti sendiri jadi blogspotdotcodotid.
Pernah membuat juga di multiply, sebuah blog yang saya buat bersama almarhum teman kuliah, Wina. Blog tersebut kami buat untuk menceritakan kisah jalan-jalan dan tiap ada temu kangen. Maklum jurusan kami, Teknik Arsitektur cukup akrab, boleh dibilang hampir selama 5 tahun kami bersama-sama sependeritaan, sestudio, teman bergadang.
Ketika multiply tutup, blog ini pun saya pindahkan ke blogspot.
Kenapa sih banyak-banyak amat blognya, kayaknya yang rajin diupdate saja.
Blog gratisan yang saya buat memang isinya beragam dari segi nichenya.
Ada blog jalan-jalan, blog tentang mengajar piano, blog tentang keluarga dan anak-anak, bahkan blog resep juga ada.
Selain itu, melalui blog tak berbayar ini, saya tak perlu pusing memperpanjang masa berlaku, tak perlu khawatir kuota saya penuh sehingga harus membuang-buang gambar, atau berpikir membuat link gambar ke Photobucket.
Sejak awal saya membuat blog, yang paling menarik dari blog-blog tersebut adalah template bawaan dari masing-masing platform.
Kadang-kadang saya malah tidak update artikel, tetapi sibuk gonta-ganti tampilan.
Saya perhatikan, Wordpress mempunyai pilihan template yang jauh lebih banyak daripada Blogspot.
Bisa, sih, kalau saya rajin browsing, banyak juga koq penyedia layanan template Blogspot yang gratis.
Hanya saja, widget yang semula sudah rapi tersusun, bila ganti template, harus satu per satu saya susun ulang, melalui code htmlnya.
Dan ini cukup memusingkan bagi saya.
Sedangkan template Blogspot bawaan, kalau saya bosan, saya ganti dengan pilihan bawaan lainnya, otomatis tampilannya ganti.
Template Blogspot yang lama semula hanya di bawah ini:
- Perjalanan
- Kelembutan
- Tanda Air
- PT Keren Sekali
- Jendela Gambar
- Tampilan Dinamis
- Sederhana
Template untuk blog jalan-jalan ini, saya memilih PT Keren Sekali (Awesome), dengan beberapa penyesuaian pada tipologi hurufnya.
Walaupun ternyata penyesuaian untuk tampilan HP, tampilannya ya biasa juga.
Iseng-iseng ketika saya akan update blog Blogspot saya, ternyata ada 4 pilihan Template Baru
Ternyata Blogspot baru saja merilis template tersebut tanggal 21 Maret 2017.
Template tersebut adalah Contempo (Baru), Soho (Baru), Emporio (Baru), dan Terkemuka (Baru)


Blogspot New Template photo templatebaru Blogspot.jpg
Add caption
Berikut contoh tampilannya:

Contempo (Baru)

Desainnya simpel, saya langsung suka.
Tampilan kolom widget di sisi kiri.

Contempo photo template Contempo.jpg

Soho (Baru)

Template ini juga bersih dan simpel. Ada lima pilihan warna latar juga. Bila teman-teman ada yang suka tampilan gelap ada juga.
Kesannya mewah.
Tetapi mungkin kurang cocok bagi yang sangat memperhatikan traffic di blognya. Katanya sih, blog yang ingin menambahkan iklan disarankan berlatar putih atau terang.
Dicontoh urutan ke 3 dari kiri, sepertinya templatenya cocok untuk Beauty Blogger yang sekarang marak.

Soho photo template Soho.jpg

Emporio (Baru)

Emporio pun templatenya bersih dan simpel. Melihat contoh pilihannya, sepertinya template ini banyak menampilkan foto di awal.
Sehingga cocok bagi blogger yang templatenya menyukai gaya magazine style atau tampilan mirip majalah.
Biasanya di foto-foto di bawah tersebut merupakan foto utama di artikel-artikel blognya. Cukup memudahkan bagi siapa saja yang ingin blogwalking.

Emporio photo template Emporio.jpg

Terkemuka (Baru)

Template yang terakhir Terkemuka (Baru), juga menampilkan template yang bersih dan bening.
Cocok untuk blogger pemula yang ingin membuat personal blog.

Terkemuka photo template Terkemuka.jpg

Masing-masing template baru tersebut ada 5 pilihan perubahan.
Jadi silahkan utak-utik tampilan blog, pilihannya bisa jadi 20 bukan?
Wah, alih-alih tadinya saya hanya mau update blog jalan-jalan di Gallery Teratiga, sebentar saya mau mempercantik juga dengan pilihan-pilihan baru tersebut.
Kira-kira, pilih yang mana ya?
Sepertinya sih belum hari ini.
Ternyata setelah saya pelajari, saya tetap harus membuat back-up dari template sebelumnya, supaya widget, kode Adsense, maupun beberapa iklan yang saya cantumkan sebelumnya tidak hilang.
Sepertinya sih, Contempo atau Emporio bagus.
Bagaimana dengan teman-teman?
Templatemu seperti apa?
Sumber:

http://www.omteloletblog.com/2017/03/template-baru-bawaan-blogger-2017-dan.html
Diberdayakan oleh Blogger.